aZnGO7CmWNAcFEEPGLxW9JB0TB6rvGl7wfQ0IjDB

Cara mempercepat artikel terindex Google

Sumber: https://www.freepik.com/

Cara mempercepat artikel terindex Google - Setiap orang yang mempunyai blog atau membuat artikel atau postingan di blog/website mereka, pasti menginginkan blog atau artikel/postingan mereka dapat ditemukan di search engine google. Tapi itu semua tidak gampang bagi blog yang masih unyu atau baru. Ada teatmentnya dulu dong pastinya. Yang namanya blog atau website baru, pasti postingan atau artikelnya tidak akan mudah terindex di google atau ditemukan di google, kenapa? Karena mungkin blog kita atau artikel kita masih disebut blog/website yang masih tahap pembangunan. 

Tapi jangan khawatir, yang namanya index pada google pasti akan datang dengan sendirinya. Namun kalian harus melakukan beberapa, agar blog atau artikel kalian lebih mudah dan cepat terindex oleh google. Nanti akan saya jelaskan dengan singkat, apa saja yang harus dilakukan agar blog/artikel kita lebih mudah dan cepat terindex.

Sebelum kita bahasa apa saja treatmennya, kita bahas dulu apa itu Google Index. Google index itu menurut saya adalah dimana blog atau artikel kita ditemukan di mesin pencarian milik Google. Jadi, jika cari sesuatu di mesin pencari google, nanti kita kan disuguhkan berbagai informasi dari website/blog yang sangat banyak di luar sana, nah itulah contohnya blog/artikel yang sudah terindex oleh mesin pencari google. Sebenarnya, alternatif lain agar blog kita dapat ditemukan oleh pengguna atau pemabaca, tidak hanya menggunakan mesin pencarian google saja, ada alternatif lain seperti yahoo, bing, yandex, dan lain sebagainya. Cuma disini saya hanya akan membahas index google saja.

Baik setelah mengetahui apa index google. Kita langsung bahas saja apa saja yang harus kita lakukan agar cepat dan mudah terindex google.

Tambahkan Blog/Website Kalian ke Google Search Console

Google Search Console merupakan salah satu tools yang disediakan oleh google agar kita dapat memonitoring website/blog kita. Dengan Google Search Console juga kita dapat memantau statistik kinerja dari blog kita.

Nah, langkah pertama kamu yaitu ini. Mendaftarkan blog kamu ke Google Search Console. Untuk daftarnya juga mudah ko, karena ini salah satu produk google, kamu cukup login ke Google Search Console dengan menggunakan akun Gmail kamu. Untuk cara mendaftarkan blog ke Google Search Console, nanti yah di next artikel.

Buat Sitemap XML di Google Search Console

Setelah kamu berhasil daftar atau menambahkan website atau blog kamu ke Google Search Console, sekarang coba buat sitemap blog kamu di Google Search Console. Cara buatnya gampang ko.

Lantas apa artinya dari Sitemap itu sendiri. Menurut saya pribadi yaitu list dari halaman atau link yang ada di blog kita yang ditunjukkan kepada mesin pencari google agar blog kita mudah ditemukan oleh google atau mudah di index oleh mesin pencari.

Untuk membuat sitemap xml di Google Search Console, langkah-langkahnya seperti ini:

1. Silahkan login dulu ke Google Search Console menggunakan gmail anda.

2. Lalu klik pada menu Sitemap/Peta Situs

Cara mempercepat artikel terindex Google

3. Setelah itu, silahkan ketikan "sitemap.xml", lalu klik Kirim

Cara mempercepat artikel terindex Google

4. Jika berhasil, maka sitemap atau peta situs dari blog anda akan terkirim ke mesin pencarian google. Dan statusnya akan menjadi Sukses.

Cara mempercepat artikel terindex Google

Minta Pengindeksan Artikel kita menggunakan Google Search Console

Selain mengiriman sitemap atau peta situs dari website/blog kita. Kita juga bisa meminta pengindeksan link dari artikel kita ke Google Search Console. Biasanya dengan metode ini nantinya artikel yang kita minta indeks akan lebih cepat terindex atau ditemukan di mesin pencarian google.

Untuk cara Minta Index Artikel kita menggunakan Google Search Console sangat mudah sekali. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama, seperti biasa login dulu Google Search Console menggunakan gmail anda.

2. Setelah itu, copy dulu link dari artikel yang baru anda posting.

3. Lalu, buka Google Search Console dan Silahkan paste-kan link yang telah kamu copy, pada Kolom "Periksa Semua URL". Lalu klik pada icon luv/telusuri. Tunggu prosesnya.

Cara mempercepat artikel terindex Google
Cara mempercepat artikel terindex Google

4. Setelah terbuka Inpeksi URL, kita coba untuk klik Minta Pengindeksan, tunggu prosesnya sampai permintaan pengindeksan selesai.

Cara mempercepat artikel terindex Google

5. Jika berhasil makan akan ada pesan Pengindeksan diminta. Tunggu saja beberapa saat.

Cara mempercepat artikel terindex Google
Cara mempercepat artikel terindex Google

Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

Apa itu Backlink? Sebenarnya saya juga masih awam, soalnya dari beberapa website saya, saya tidak pernah menggunakan backlink. Cukup backlink yang natural saja.

Nah, Backlink yaitu sebuah link yang ada pada blog orang lain yang mengarah ke website/blog kita. 

Backlink sendiri, menurut pengalaman yang saya alami. Backlink untuk blog kita, bisa didapatkan dengan beberapa cara, ada yang benar benar natural dari blog lain (artinya blog itu menaruh link artikel kita karena dikutip), ada yang blogwalking sambil menaruh link pada komentar, ada juga orang yang sampai membeli Backling.

Tapi saran saya untuk blog baru, tak perlu bakclink. Bangun dulu blog kamu dengan sempurna, nanti juga backlink akan datang dengan sendirinya. Natural.

Rutin membuat Artikel yang Berkualitas

Cara lain agar artikel kita mudah dan cepat terindex oleh mesin pencari google yaitu dengan cara rutin membuat artikel atau konten.

Meskipun artikel kamu belum ada yang terindex, bukan berarti kamu tidak bisamembuat artikel baru. Justru kita harus lebih semangat lagi untuk membuat artikel atau konten baru di blog kamu, agar index artikel kamu lebih cepat lagi.

Buatlah artikel yang rutin dan berkualitas, namun harus dengan skema yang baik, dari mulai tema, tulisan, topik, kategori, semua itu harus sati niche dengan blog yang kamu miliki, jangan dicampur aduk alias gado-gado.

Jadi, keep rutin buat artikel yang berkualitas yah, teman-teman. Pasti nantinya artikel dari blog kamu akan terindex dengan cepat.

Jika artikel kamu belum terindex oleh google, jangan patah semangat. Karena semua itu memerlukan proses dan waktu.

Begitulah kira-kira Cara mempercepat artikel terindex Google menurut versi saya, jika ada yang salah mohon dikoreksi yah.

Sekian dulu postingan Cara mempercepat artikel terindex Google untuk kali ini, jangan sungkan untuk bertanya. Bisa di kolom komentar atau kirim pesan di halaman kontak kami. Terima Kasih.

Salam Ijul.

Related Posts
Muhammad Syamsul Rijal
Saya orangnya pemalu dan lebih suka menyendiri di kamar.

Related Posts

Posting Komentar