aZnGO7CmWNAcFEEPGLxW9JB0TB6rvGl7wfQ0IjDB

Cara membuat tampilan Blog menarik di Blogspot

Sumber: https://www.freepik.com/

Cara membuat tampilan Blog menarik di Blogspot - Blog selain harus berisi artikel yang bermanfaat bagi para pembacanya. Blog juga diharuskan memiliki tampilan yang menaraik tentunya. Karena pasti para pembaca selain mencari atau membaca artikel di blog kita, mereka juga mencari kenyamanan untuk betah membaca di blog atau website kita. Untuk itu perlu kita perhatikan juga tampilan yang menarik untuk blog kita.

Salah satu yang membuat pengunjung balik lagi ke blog kita, selain karena artikel posingan kita. Mereka juga suka dengan tampilan dari blog kita. Membuat tampilan blog lebih menarik dan keren bukanlah hal yang sulit, anda bisa mempelajarinya sendiri. Tentunya mudah ko. Apalagi jika kita menggunakan platform dari Google yaitu Blogpsot. Saya juga sudah sebelas tahun menggunakan Blogspot. Dan belajar membuat tampilan menjadi lebih menarik dan keren. 

Cara membuat tampilan Blog menarik di Blogspot bisa kita pelajari dengan mudah tentunya. Bisa kita pelajari dari youtube atau cari dari artikel-artikel lain di blog tentang blogger atau webstie. Namun, Ada beberapa hal yang harus kita ketahui terlebih dalulu sebelum kita membuat tampilan dari blog kita lebih menarik dan keren.

Gunakan Template yang Menarik dan Ringan serta Responsif

Kunci dari blog yang menarik yaitu Template. Template merupakan tema yang kita gunakan sebagai tampilan diblog kita yang akan ditampilkan. Namun dalam memilih template atau tema dari blog ini, kita harus memikirkan hal hal yang nantinya akan memberikan tampilan yang menarik dan keren, tapi harus diingat juga, selain itu juga template atau tema yang kita gunakan juga harus ringan serta responsif.

Setahu saya, para pengunjung atau pembaca dari blog kita, selain suka dengan tampilan yang menarik dan keren, mereka juga pastinya akan lebih suka lagi jika blog kita responsif dan ringan. Artinya loading dari blog kita cepat, tidak lemot.

Untuk menentukan template ini juga harus sesuai dengan tema yang akan dibahas dari blog kita. Maksudnya begini, Misalnya kamu akan membuat blog dengan tema Resep Masakan, maka tampilan tempalte yang kita gunakan harus yang bernuansa makanan atau masakan, jangan sampai kita menggunakan template atau tema tentang teknologi, nantinya jadi tidak matching.

Cara/Langkah Mudah Memasang Template/Tema di Blogger

Setelah kita menentukan template yang akan kita gunakan diblog kita. Maka selanjutnya kita akan memasang template atau tema tersebut ke blog kita. Karena saya menggunakan Blogger, jadi saya akan memberikan tutorial Cara Mudah Memasang Template/Tema di Blogger

Jika kalian sudah memiliki blog di blogger, silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk memasang template atau tema di blogger. Cara ini adalah cara memasang tema yang paling terbaru yah, karena blogger telah mengalami perubahan terhadap menu-menunya, ketika saya membuat tutorial ini, tampilan blogger sudah dalam keadaan baru, jadi pasti ini akan membuat kalian mudah mengikuti tutorial ini.

Yuk simak caranya dibawah ini.

1. Pertama, silahkan klik pada menu "Tema". 

Cara membuat tampilan Blog menarik di Blogspot

Setelah terbuka panel menu Tema, Disini sebenarnya bisa menggunakan tema bawaan dari blogger sendiri yang telah disediakan oleh pihak blogger. Namun kita jika anda punya tema sendiri yang ingin kalian pakai, maka ikuti langhkah selanjutnya.

2. Kedua, silahkan klik pada tanda panah ke bawah, lalu klik "Pulihkan"

Cara membuat tampilan Blog menarik di Blogspot

Cara membuat tampilan Blog menarik di Blogspot

3. Ketiga, ketika pop up muncul, klik Upload

Cara membuat tampilan Blog menarik di Blogspot

4. Keempat, lalu cari file Tema/Template yang ingin kalian gunakan, saya contohkan pake Tema Fiksioner v3 dari mba Igniel. Pilih file temanya, lalu klik Open.

Cara membuat tampilan Blog menarik di Blogspot

5. Terakhir, tunggu proses pemulihan dari blogger, lalu silahkan lihat blog anda, maka sekarang Blog anda sudah tampil menarik dengan tema yang baru.

Cara membuat tampilan Blog menarik di Blogspot

Setelah berhasil mengupload atau memasang tema pada blog anda, silahkan anda rapihkan tema yang kalian gunakan, dari mulai Navigasi atau menu-menu yang ada di blog anda.

Rekomendasi Template Blogger Keren dan Ringan

Setelah berhasil memasang tema sendiri keblog kalian. Nantinya kalian bisa mengganti tema blog kalian sesuka kalian. Tapi ingat jangan terlalu sering juga yah, karena itu akan berdampak pada performa dari blog kalian.

Nah, jika sudah bisa mengganti tema sendiri di blogger, kami akan rekomendasikan beberapa tema blog yang bisa kalian gunakan. Tentunya ini semua berdasarkan pengalaman saya. Tema yang menarik, simple, ringan, dan tentunya responsif serta mobile friendly.

Berikut beberapa tema/template blogger yang saya gunakan, semuanya dari mba Igniel.

Jika kalian kurang suka dengan template yang saya rekomendasikan, kalian juga bisa cari dari website-website penyedia template blogger yang gratis atau berbayar. Ini ada beberapa webstie penyedia tema/template blogger.

  1. Gooyabi Templates
  2. My Blogger themes
  3. BTemplates
  4. Templateism
  5. CO.Templates
  6. ThemeXpose
  7. DeluxeTemplates
  8. ProTemplatesLab

Begitulah kira-kira Cara membuat tampilan Blog menarik di Blogspot menurut versi saya, jika ada yang salah mohon dikoreksi yah.

Sekian dulu postingan Cara membuat tampilan Blog menarik di Blogspot untuk kali ini, jangan sungkan untuk bertanya. Bisa di kolom komentar atau kirim pesan di halaman kontak kami. Terima Kasih.

Salam Ijul.

Related Posts
Muhammad Syamsul Rijal
Saya orangnya pemalu dan lebih suka menyendiri di kamar.

Related Posts

Posting Komentar