aZnGO7CmWNAcFEEPGLxW9JB0TB6rvGl7wfQ0IjDB

Mengenal menu-menu Blogger di versi terbaru

Setelah Saya membahas secara rinci mengenai Cara membuat blog di blogger beserta gambar. Saya harap kalian sudah mempraktekkannya dan agar selalu konsisten nantinya. Jika kalian sudah daftar blog sesuai cara yang telah saya berikan sebelumnnya. Maka sekarang waktunya kita Mengenal menu-menu Blogger. 

Seperti yang saya kasih tahu sebelumnya, bahwa blogger saat ini merupakan tampilan di versi terbaru. Walaupun bahasanya masih sama, tapi ada beberapa perbedaan dengan tampilan menu di blogger versi dahulu.

Agar kalian mudah mempelajarinya, saya akan berikan penjelasan mengenali menu-menu di blogger dari tampilan versi terbaru. 

Jika kalian ingin serius dalam nge-blog, maka kalian harus mengenal menu-menunya, agar tidak terjadi kesalahan nantinya. Dengan mengenal menu-menu di blogger, kalian dapat mengoperasikan blog kalian secara sempurna. Kalian juga dapat setting sana sini, meyesuaikan blog sesuai selera yang kamu inginkan.

Nama-nama Menu di Blogger

Tak kenal, maka tak sayang. Itu salah satu pribahasa yang sering kita dengar. Nah, agar kita mencintai blog yang kita miliki, tentu kita juga harus mengenalnya terlebih dahulu. Kenali setiap menu yang ada di blogger, maka pasti kami akan mencintainya, dengan mengoperasikan serta setting blog sesuai seleramu.

Berikut nama-nama dari menu yang ada di blogger:

  1. Postingan Baru
  2. Postingan
  3. Statistik
  4. Komentar
  5. Penghasilan
  6. Halaman
  7. Tata Letak
  8. Tema
  9. Setelan
  10. Daftar Bacaan
  11. Lihat Blog

Penjelasan lengkap mengenai menu-menu di Blogger

Setelah mengenal nama-namanya, maka lanjut kita mengenal fungsi-fungsinya dari setiap menu yang ada di blogger.

1. Postingan Baru

Menu Postingan Baru merupakan menu untuk kita memulai membuat postingan atau artikel baru. Jadi, jika kalian ingin menulis artikel atau postingan, klik pada menu ini. Dengan begitu nantinya kalian akan dibawa ke tampilan pembuatan posingan. Disana kalian bisa memulai menulsi artikel atau postingan yang kalian inginkan. Jika belum mengerti caranya membuat postingan di blogger, nanti saya akan buatkan postingan lengkapnya.

2. Postingan

Menu Postingan merupakan menu dimana kita dapat melihat postingan apa saja yang telha kita buat di blog kita. Disini kita bisa mengontrol seluruh postingan kita. Apa saja yang bisa kita lakukan di menu Postingan? Ada beberapa yang bisa kalian lakukan untuk mengontrol postingan-postingan kalian, diantaranya adalah:

  • Publikasikan : Jika postinganmu masih berupa draft, maka kamu bisa publikasikan dengan menekan tombol ini.
  • Terapkan label ke entri ini : Jika postingan kamu belum dikasih label/kategori, atau bahkan lupa, kalian bisa menambhakannya dengan menekan tombol ini.
  • Hapus entri ini : Jika ada postingan kamu yang dirasa harus dihapus, bisa menekan tombol ini, maka postingan kamu akan dihapus.
  • Pratinjau : Jika kamu selesai atau masih tahap membuat postingan, kamu bisa melihatnya dengan menekan tombol pratinjau, nanti kalian akan diarahkan ke postingan kamu di blog.
  • Menandai entri/Pilih semua entri 
  • Filter menurut label

3. Statistik

Menu Statistik merupakan menu dimana kita bisa melihat pergerakan statiskin dari blog kita. Disini kalian bisa melihat berbagai statistik yang terjadi di blog. Seperti statitik pengunjung yang datang ke blog kita, Jumlah pengunjung blog kita berdasarkan Semua, Hari, Kemarin, Bulain ini, dan Bulan lalu. Bahkan lebih lanjutnya tentang blog ini, kalian dapat melihat statistik yang cukup lengkap, dari Tampilan blog kita selama 7 hari, Perujuk Teratas, URL Perujuk Teratas, Kunjungan halaman menurut Browser, Kunjungan halaman menurut Sistem Operasi, Kata Kunci Penelusuran, dan Lokasi Teratas.

Kalian dapat memantau pergerakan blog kalian dari menu Statisik ini. Sering-seringlah untuk melihat statistik dari blog kalian, agar kalian dapat mengetahui progres atau perkembangan dari blog yang sedang kalian bangun atau buat.

4. Komentar

Menu Komentar merupakan menu dimana kalian dapat melihat komentar-komentar yang masuk ke blog kita, tepatnya komentar yang ada pada postingan-postingan blog kalian. Disana juga kalian bisa menyortirnya, bisa Semua komentar, Menunggu moderasi, Dipublikasikan, dan Spam.

  • Semua komentar : Artinya kamu melihat semua komentar yang ada pada blog kalian. Tanpa ada sortir yang diterapkan.
  • Menunggu moderasi : Artinya komentar yang ditahan dan tidak akan tampil dikolom komentar, sebelum ada persetujuan dari kalian sebagai pemilik blog.
  • Dipublikasikan : Artinya komentar yang tadinya ditahan, namun disetujui untuk tampil di kolom komentar oleh kalian.
  • dan Spam : Artinya komentar yang berbau negatif,a atau biasanya komentar yang menyertakan link aktif. Dan ini bisa membuat performa blog kalian turun.

Apa penting Menu Komentar? Jawabannya adalah PENTING. Karena dengan adanya menu komentar, kita bisa memantau setiap komentar yang datang. Bahkan menurut para ahli blogger, komentar bisa menurunkan performa blog kita, jika koemntarnya berupa spam yang buruk, seperti kata kata kasar, link aktif, atau banyak hal negatif lainnya. Jadi pastikan untuk selalu pantau Komentar di blog kalian nantinya.

5. Penghasilan

Menu Penghasilan merupakan menu dimana nantinya blog kalian dapat mendapatkan penghasilan dari kerja sama kalian dengan google. Kerja sama apa? Kerja sama menjadi publisher, yang nantinya jika blog kalian sudah memenuhi syarat dan ketentuannya, bisa didaftarkan di Google Adsense. Jika diterima, nantinya blog kalian akan dipasangi iklan dari para Advertiser (Pengiklan).

Dengan begitu, blog kamu akan memberikan income. Maka dari itu, semangatlah dalam membuat konten yang bermanfaat. Pasti Trafic juga akan berdatangan, semakin besar trafic, maka semakin besar penghasilan yang didapatkan nantinya.

6. Halaman

Menu Halaman merupakan menu dimana kita bisa membuat halaman tersendiri, seperti Kontak, Privacy Policy, Disclaimer, TOS, Site Map, atau Tentang Blog/Profil. Atau halaman lainnya bebas, walau tampilannya seperti menu postingan, tapi menu halaman mempunyai fungsi yang berbeda.

7. Tata Letak

Menu Tata Letak merupakan menu dimana kita nantinya bisa mengatur letak-letak widget yang kita inginkan. DIsesuaikan dengan selera kita. Biasanya tata letak yang akan muncul disana, menyesuiakan dengan template atau tema yang kita pakai.

Saran kami, jika nantinya kalian sudah mengganti template, silahkan sesuaikan sendiri tata letaknya, karena setiap template memiliki tata letak yang berbeda-beda. Lebih bagus lagi, buat lah tata letak yang simple, jangan terlalu rame dengan widget, itu akan membuat performa blog kalian akan berat.

8. Tema

Menu Tema merupakan menu dimana kalian bisa mengganti tema dari blog sesuai dengan yang kalian sukai. Bisa menggunakan Tema bawaan dari blogger sendiri, atau kalian bisa menggunakan Tema Blog dari luar atau costum. Maksud Costum disini, kalian mencari Tema Blog dari luar blogger, bisa dengan cara membeli atau mengunduhnya di web web lain.

Jika kalian sebagai pemula, lebih baik bisa gunakan Tema bawaan dari blogger, karena disana banyak sekali pilihan yang dapat kalian pilih, banyak sekali kategori dari Tema bawaan blogger, bagus dan menarik.

Namun jika kalian mempunyai selera lain dari tema yang costum, kalian bisa cari diweb, lalu lakukan Ganti tema secara manual. Untuk caranya bisa lihat di Youtube.

Kalau kalian suka Tema yang simple seperti punya saya, bisa kalian unduh di websitenya mba Igniel. Langsung saja silahkan cek di https://www.igniel.com/search/label/Template

9. Setelan

Menu Setelan merupakan menu dimana kalian dapat menyetting atau mengatur blog kalian. Banyak sekali Setelan yang dapat kalian lakukan disini. Dari mulai mengganti Nama Blog sampai dengan Hapus blog Anda.

Namun, menu Setelan ini ranahnya sangat luas sekali, jadi perlu postingan khusus untuk menu Setelan. Saya nanti akan buatkan postingan khusus untuk mengenal menu Setelan ini. Selalu pantau saja blog saya.

10. Daftar Bacaan

Menu Daftar Bacaan merupakan menu dimana kalian dapat melihat postingan postingan dari blog yang kalian ikuti sebelumnya.

Disana akan akan feed dari blog yang kalian ikuti. Bahkan ada tips-tips dari Blogger Buzz, mengenai mengelola website/blog, karena pakai bahasa Inggris, kalian bisa menerjemahkannya sendiri.

11. Lihat Blog

Menu Lihat Blog merupakan tombol untuk melihat homepage dari blog kita. Kalian cukup menekan Lihat Blog, maka kalian akan dibukakan Tab baru yang mengarah ke blog kalian.

Jadi, pastikan kalian mengenal menu-menu dari blogger terlebih dahulu. Agar kalian lebih mencintai blog anda, bisa merawatnya dengan baik.

Sekian dulu postingan Mengenal menu-menu Blogger di versi terbaru untuk kali ini, jangan sungkan untuk bertanya. Bisa di kolom komentar atau kirim pesan di halaman kontak kami. Terima Kasih.

Salam Ijul.

Related Posts
Muhammad Syamsul Rijal
Saya orangnya pemalu dan lebih suka menyendiri di kamar.

Related Posts

Posting Komentar