aZnGO7CmWNAcFEEPGLxW9JB0TB6rvGl7wfQ0IjDB

Memahami Cara upload video ke Youtube agar tidak buram

Sumber gambar: www.freepik.com

Memahami Cara upload video ke Youtube agar tidak buram - Setiap orang pada saat ini pasti gemar sekali menonton video di pltfrom youtube. Salah satu website terbesar yang sering diaskes oleh miliyaran orang di dunia ini untuk mencari video yang mereka inginkan.

Tapi apakah kamu tahu terkadang video yang kita lihat itu terkadang buram atau kabur, sehingga tidak nyaman bagi mata kita untuk menontonnya, bukan? Ini semua terjadi karena dua faktor, pertama karena si peng-upload, kedua karena si penontn itu sendiri.

Bagi peng-upload, Video yang mereka upload ke youtube menjadi buram karena beberapa faktor, karena kualitas videonya itu sendiri, atau salah ketika melakukan editing di aplikasi editing video.

Sedangkan bagi penonton, video youtube menjadi buram itu karena kualitas interetnya jelek, bahkan bisa -juga karena resolusi dari layar laptop atau handphone-nya yang terlalui kecil, sehingga video youtube yang dilihat menjadi buram.

Baik, karena artikel ini ditujukan bagi para peng-upload, jadi saran saya bagi penonton yang ingin video youtube yang ditontonnya tidak buram, usahakan jaringan internetnya kuat dan juga setting kualitas video youtube-nya menjadi 720 atau 1080 atau kualitas diatasnya lagi, serta pilihlah video yang benar-benar kualitasnya baik.

Jadi begini para Uploader video youtube, jika ingin video yang kalian upload itu tidak buram, ada hal hal yang harus kalian perhatikan yah, berikut penjelasan singkatnya:

Hasil Rekaman Video

Jika kamu benar-benar seorang youtuber, maka pasti kalian akan mengingat hal penting ini, video yang kalian rekam haruslah video yang kualitasnya benar-benar baik yah. Faktor ini bisa diatas dengan menggunakan gear yang mumpuni, dari mulai Kamera yang dipakai untuk merekam, sampai pencahayaan yang baik dan benar. Dengan begitu pastilah hasil rekaman yang dihasilkan akan jernih dan baik.

Aplikasi atau Software Editing Video yang Mumpuni

Selain kalian harus memperhatikan hasil rekaman, kalian juga harus memperhatikan software yang akan kalian gunakan sebagai software editing video. Dari yang saya baca dari beberapa referensi, ternyata software editing ini juga bisa menjadi salah satu faktor agar video yang kita upload tidak buram. Contohnya dengan menggunakan aplikasi atau software Premium, seperti after effect, adobe premier, sony vegas, dan banyak lagi yang lainnya. Dan jika kalian biasa editing di hp, kalian juga pastikan menggunakan aplikasi editing yang pro atau premium, sebagai contoh ada kein master pro, filmora, dan lainnya.

Memahami Resolusi Video

Seperti yang kita bahas pada kalimat pembuka, resolusi menjadi peran penting dalam membedakan apakah video youtube ini buram atau tidak. Dalam video sendiri ada beberapa resolusi yang kita temui, seperti:

  • 1280 × 720 (HD, 720p)
  • 1920 × 1080 (FHD, Full HD, 2K 1080p)
  • 2560 × 1440 (QHD, WQHD, Quad HD, 1440p)
  • 3840 × 2160 (UHD, Ultra HD, 4K, 2160p)
  • 7680 × 4320 (FUHD, Full Ultra HD, 8K, 4320p)

Semakin tinggi resolusi yang kita gunakan dalam video kita, maka besar kemungkinan hasil video yang kita upload ke youtube tidak akan mengalami Buram atau kabur, sehingga penikmat video akan puas dan memanjakan mata.

Export atau Render Video Editing ke Resolusi yang Tinggi

Setelahnya kita memahami resulusi video, maka implementasikanlah pada saat editing video kalian. Gunakan resolusi yang tinggi untuk bingkai video anda. Serta Export atau Reder-lah video yang telah kalian edit ke resulusi yang tinggi atau maksimal, namun untuk hal ini kita harus mengetahui apakah laptop/pc kita mampu atau hp kita mampu untuk merender kualitas video yang tinggi atau tidak, jika tidak, jangan terlalu memaksakan yah. Gunakan saja resolusi 1080p, karena kemungkinan nantinya ketika diupload ke youtube akan  menjadi resolusi 720p, yang masih bisa dikatakan resolusi yang tinggi dan jernih untuk video.

Nah, jadi itulah Memahami Cara upload video ke Youtube agar tidak buram, bagi para youtube silahkan implementasikan apa yang telah saya jelaskan diatas kedalam keseharianmu dalam editing dan upload video youtube kalian, agar hasilnya nanti tidak buram.

Jika kurang jelas tentang penjelasan di atas, kalian juga bisa membacanya di referensi berikut yah teman-teman:

  1. https://www.terwujud.com/2020/01/cara-upload-video-ke-youtube-kualitas-hd.html
  2. https://www.kusnendar.web.id/2019/05/cara-setting-video-ke-youtube-agar-tetap-jernih-yang-belum-banyak-orang-tau.html

Begitulah kira-kira Memahami Cara upload video ke Youtube agar tidak buram  menurut versi saya, jika ada yang salah mohon dikoreksi yah.

Sekian dulu postingan untuk kali ini, jangan sungkan untuk bertanya. Bisa di kolom komentar atau kirim pesan di halaman kontak kami. Terima Kasih.

Salam Ijul.

Related Posts
Terbaru Lebih lama
Muhammad Syamsul Rijal
Saya orangnya pemalu dan lebih suka menyendiri di kamar.

Related Posts

Posting Komentar